Mobile Developer
April 3, 2017
Apakah Anda Tahu Tentang ERP dan Penerapan Aplikasinya Dalam Bisnis Garmen? (Bag 1)
July 20, 2017

Apakah Anda Tahu Tentang ERP dan Penerapan Aplikasinya Dalam Bisnis Garmen? (Bag 2)

Dalam edisi sebelumnya, kita sudah membahas mengenai awal mula terciptanya ERP. Semakin berkembangnya zaman, tentunya ERP juga mau tidak mau harus ikut berkembang juga agar bisa menyesuaikan dengan keadaan sesuai zamannya. Penerapan ERP tentunya tidak jauh dari proses bisnis sebuah perusahaan. Dalam kesempatan berikut, kami akan menjelaskan bagaimana sebuah sistem ERP diterapkan dalam sebuah sistem bisnis di sebuah perusahaan.

Pada ERP, ada sebuah syarat mutlak yang harus dipenuhi agar semua sistemnya berjalan dengan baik, yakni integrasi. Dalam hal ini, integrasi memiliki definisi penggabungan dari beberapa buah requirement atau kebutuhan dalam sebuah perangkat lunak yang ada dalam sebuah logical pada database yang tujuannya untuk memudahkan departemen dalam sebuah perusahaan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi.

Bagi sebuah perusahaan, penerapan ERP memberikan banyak keuntungan seperti misalnya kemudahan dalam proses prencanaan sebuah produksi, proses pemesanan, sistem manajemen persediaan sebuah produk, kegiatan pegiriman barang, dan kemampuan untuk manajerial keuangan atau finansial dalam sebuah perusahaan.

Beberapa komponen penting dalam penerapan ERP dalam sistem bisnis perusahaan adalah perangkat manusia (humanware) atau SDM, perangkat teknologi (technoware), perangkat organisasi perusahaan (organware), dan yang terakhir adalah perangkat sistem informasi (infoware). Berdasarkan keempat komponen tersebut, ada juga faktor yang mempengaruhi dalam kelancaran proses penerapan ERP yaitu:

  1. Manajemen Organisasi, yang meliputi skill atau kemampuan mengatur sumber daya manusianya dalam berkomitmen, training, serta tanggung jawab dari masing-masing individu.
  2. Proses yang meliputi dokumentasi project, integrasi, dan desain ulang proses.
  3. Teknologi, yang meliputi perangkat lunak, perangkat keras, dana manajemen sistem.
  4. Data, yang meliputi kemampuan untuk memanage struktur data, file utama, file transaksi dan kegiatan maintenance serta integrasi data.
  5. Personel, yang meliputi hard skill berupa training, pengembangan diri, dan pengembangan pengetahuan dari masing-masing individu.

Secara garis besar, penerapan ERP dalam sebuah perusahaan bertujuan untuk mengolah transaksi data secara real time, kemudahan berbagai proses bisnis dengan dilakukannya otomatisasi proses, sharing database melalui sebuah sistem enterprise, dan yang terakhir adalah kemampuan untuk memadukan sebuah proses transaksi dan kegiatan perencanaan secara bersamaan.

*Baca juga | Apakah Anda Tahu Tentang ERP dan Penerapan Aplikasinya Dalam Bisnis Garmen? (Bag 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *