Apakah Anda Tahu Tentang ERP dan Penerapan Aplikasinya Dalam Bisnis Garmen? (Bag 2)
July 17, 2017
Menumate
July 31, 2017

Apakah Anda Tahu Tentang ERP dan Penerapan Aplikasinya Dalam Bisnis Garmen? (Bag 1)

Dalam menjalankan roda bisnis perusahaan, tentunya diperlukan sebuah manajemen bisnis yang terstruktur untuk menciptakan kelancaran dalam menjalan sebuah usaha. Seiring berkembangnya jaman, pola menajemen bisnis mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satunya adalah menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) atau yang lebih dikenal dengan Perencanaan Sumber Daya Perusahaan. ERP sendiri adalah sebuah sistem informasi yang diciptakan untuk mengotomasikan sebauah proses bisnis yang berkaitan langsung dengan produksi, operasi maupun distribusi di sebuah perusahaan. Lalu, bagaimana perkembangan ERP sejak pertama kali muncul dan bagaimana penerapannya dalam sebuah perusahaan?

Sejak awal tahun 1880, Eropa sudah menerapkan manajemen inventaris yang saat itu memberikan banyak keuntungan dengan bentuk skala ekonomi. Berbagai macam krisis financial di beberapa perusahaan Eropa saat itu mulai beradaptasi dengan sistem inventaris yang lebih baik dari sebelumnya. Seiring berjalannya waktu, mulai ditemukannya komputer pada tahun 1960an membuat manajemen inventaris yang ada mulai diaplikasikan dalam sebuah sistem yang tujuannya untuk mempermudah dalam melakukan pengolahan dan pelacakan material yang ada dalam sebuah perusahaan. Salah satu perusahaan yang sudah mengembangkan ERP dalam sebuah sistem adalah IBM.

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1970an sistem ERP ini kembali berkembang dengan munculnya MRP atau Material Requirement Planning yang membantu dalam meningkatkan efisiensi penggunaan material yang digunakan dalam memproduksi sebuah barang. Dengan adanya MRP ini membuat berbagai perusahaan bisa menghemat dari segi biaya dan juga menghasilkan produk yang lebih baik. Pola yang terintegrasi dengan sebuah sistem tentunya memiliki kompleksitas dalam pengolahan informasi inventory. Keterbatasan daya dalam sebuah komputer menjadi hambatan utama saat itu, sehingga dari MRP ini dikembangkan lagi sebuah sistem dengan penambahan aspek finansial yang kemudian dikenal dengan Manufacturing Resources Planning II atau MRP-II.

Di tahun 90an, sistem MRP-II ini berkembang lagi menjadi sebuah sistem yang memungkinkan usernya untuk dapat mengintegrasikan semua sistem yang ada dalam fungsi perusahaan. Sejak itulah sistem ERP (Enterprise Resources Planning) ini muncul. Sistem ERP ini sudah mencakup semua fitur yang ada sistem pada sistem terdahulunya (MRP dan MRP-II) seperti manajemen material dan inventory,informasi finansial, dan dalam perkembangannya sistem ERP ini juga memiliki fitur untuk membentuk sistem jaringan komunikasi perusahaan secara real time.

*Baca Juga Apakah Anda Tahu Tentang ERP dan Penerapan Aplikasinya Dalam Bisnis Garmen? (Bag 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *